Jengkol Menyebabkan Batu Ginjal

Jengkol Menyebabkan Batu Ginjal



Jengkol adalah salah satu makan favorite orang-orang indonesia. Walau jengkok dapat memberi bau mulut yg tidak enak, tetap harus banyak yang menyukai makanan khas indonesia ini.

Bila anda juga salah satu pengagum jengkol, mesti berhati hati dengan makanan ini. Janganlah terlalu berlebih makan jengkol. bukanlah lantaran mengakibatkan bau mulut yg tidak enak. Tetapi jengkol dapat mengakibatkan batu ginjal.
Kenapa jengkol dapat menyebakan batu ginjal?

Menurut Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH dari sisi Ginjal serta Hipertensi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dalam acara Konferensi Pers Hari Ginjal Sedunia dengan topik Sayangi Ginjal Anda, Minumlah Air Putih yang Cukup! di Hotel Akmani Jakarta pada hari Selasa 6 Maret 2012 kemaren (lewat detik. com) Menuturkan bahwa Jengkol memiliki kandungan asam jengkolat atau jengkolic acid. ini hanya satu nama ilmiah yang memakai bhs Indonesia. Asam jengkolat berbentuk sama juga dengan uric acid (asam urat), yang dalam konsentrasi tinggi bisa mengakibatkan kristal-kristal dalam urine.

Asam jengkolat atau jengkolic acid adalah sejenis asam amino yang terdapat dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membuat kristal berbuntut runcing yang dapat melukai pembuluh darah di ginjal serta saluran kencing. Air kencing juga tak dapat keluar lantaran alami retensi urene, atau yang juga dimaksud kejengkolan.

Inilah yang mengakibatkan orang yang kerap konsumsi jengkol bakal tidak sering buang air kecil. Bila hal semacam ini dilewatkan terus-menerus tidak ada perhatian spesial dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.


Cara menangani retensi urene/kejengkolan

Tetapi janganlah cemas, kita dapat menghadapi hal diatas lewat cara yang simpel. Butuh anda kenali bahwa asam jengkolat dapat larut dengan memakai kiarbonat yang berbentuk basa. Jadi untuk menangani kejengkolan minumlah air putih yang banyak sesudah usai makan jengkol atau minumlah minuman yang bersoda.

Sesudah tahu dampak samping makan jengkol terlalu berlebih diatas. Diinginkan anda lebih berhati hati dalam konsumsi jengkol. Hingga anda tak hingga terserang batu ginjal.

0 Response to "Jengkol Menyebabkan Batu Ginjal"

Posting Komentar

wdcfawqafwef